Alat Pancing

Bahan dan Panduan Lengkap Membuat Soft Frog Siap Pakai

Posted on in Alat Pancing · Blade · Double Hook · soft frog

Pada beberapa kesempatan sebelumnya sudah admin uraikan bagaimana cara membuat cetakan soft frog baik dari kayu, resin maupun bahan lainnya. Juga teknik cara membuat kosongan atau kulit soft frog dari bahan lateks. Nah di kesempatan kali ini admin akan sampaikan apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat soft frog sampai jadi hingga siap pakai, termasuk teknik dan panduan cara memasang bahan-bahan tersebut.

Untuk membuat soft frog yang jadi utuh (seperti gambar  di atas) tentunya kita membutuhkan material yang lengkap terlebih jika kita bertujuan untuk menjualnya kembali. Berikut ini beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat soft frog siap pakai;

Kawat Double Hook,  Blade/Spinner Spoon,  Swivel atau kili-kili, Timah pemberat,  Split ring ukuran nomor 4, 5 atau 6,  Slang Bakar, SF kosongan, kawat kecil anti karat.

Baik kita bahas satu persatu

1. Body SF Kosongan

Untuk membuat SF kosongan sudah dijelaskan dalam artikel sebelumnya cara membuat Soft Frog dari lateks. Selain dari bahan lateks, jika ingin memakai sendiri kita juga bisa membuatnya dari bahan lem kaca/silikon.

SF Kosongan ini merupakan bahan utama dalam pembuatan soft frog, selain double hook. Karena jika tanpa SF kosongan dan double hook tentu tidak bisa kita membuat soft frog. Selain membuat sendiri kita bisa pula membeli SF kosongan ini karena ada beberapa yang khusus menjual body SF kosongan.

soft frog doubel hook swivel

2. Double Hook

Bahan utama selanjutnya adalah Double Hook. Seperti admin sebutkan di atas, SF kosongan dan Double hook merupakan bahan utama membuat SF. Karena bahan lain, jika tidak tersedia bisa diabaikan.

Banyak tersedia berbagai macam merk dan ukuran double hook untuk membuat soft frog, antara lain merk Kenzie, Hoox, Daido, Utecate, maupun yang tanpa merk. Ukuran panjang Double Hook terkadang berbeda antara satu merk dan yang lainnya. Jadi kalau mau beli hook, pastikan ukuran panjangnya dan sesuaikan dengan body soft frog yang sobat angler punya.

Ukuran double hook ada yang ukuran 1, 2, 1/0, 2/0, 3/0 4/0. Kalau mau membuat soft frog yang pendek 2cm s/d 3cm biasanya menggunakan ukuran no 1, 2 dan 1/0, sedangkan ukuran 3,5cm atau lebih biasanya double hook nomor 2/0 keatas.

Double hook dari segi sudutnya terbagi 2 jenis yang bersudut 60 derajat dan yang 90 derajat. Untuk Soft Frog biasanya digunakan yang 60 derajat, sedangkan yang 90 derajat digunakan untuk Jump Frog. Bisa saja kita membeli yang 90 namun kebanyakan nantinya dibengkokkan dengan cara dibakar untuk menyesuiakan ke body SF.

Kalau saya pribadi merekomendasikan double hook merk kenzie karena tajam dan ketajamannya juga awet serta tidak berkarat.

3. Swivel

Swivel atau kili-kili yang digunakan untuk Soft Frog umumnya digunakan ukuran nomor 10, 12 dan 14. Swivel pada bagian depan soft frog menggunakan ukuran nomor 10 atau 12 sedangkan untuk bagian belakang untuk memasang blade bisa digunakan ukuran nomor 14.

4. Blade/spinner spoon

Sudah dijelaskan di artikel terdahulu bahwa fungsi blade/spinner spoon pada SF adalah sebagai pemikat dan penyeimbang soft frog. Ukuran blade yang biasa digunakan adalah 1,5 cm, 1,7 dan 2,0 cm. Jadi kalau SF tanpa blade gimana gitu. Bisa tanpa blade ya untuk SF jenis geol.

Untuk ukuran blade sebaiknya menyesuaikan bodi SF, jika panjang SF kisaran 3-4 cm gunakan blade yang kecil, sedangkan jika 4cm keatas bagusnya pakai blade yang 1,7 atau 2cm.
Harga blade bervariasi antara Rp 1.500-Rp 2.500/buah.

5. Timah Pemberat

Timah pemberat yang bagus adalah yang berbentuk lempengan, sering disebut timah gulung, jadi tujuannya untuk memudahkan saat menggulung di double hook. Selain itu beratnya akan merata. Bisa juga menggunakan timah solder, namun ini terlalu boros karena harganya yang mahal.

6. Split ring

Split ring disini berfungsi untuk cantolan blade, jadi nanti disambung antara kawat pengait ke hook, swivel, split ring lalu blade. Untuk ukuran bisa menggunakan nomor 5 atau 6.

7. Selang Bakar.

Tadi disebutkan kita perlu memberikan pemberat untuk SF yakni timah yang digulung pada double hook, nah agar timah tidak terlepas, maka dibungkus dengan selang bakar ini. Selang bakar untuk membungkus timah gulung pada soft frog ini bisa memakai ukuran 3mm, 4mm atau 5mm. Harganya antara Rp 2.500 s/d Rp 5.000 per meter.

Adapun bahan bantu lainnya untuk merangkai soft frog sampai jadi yakni korek gas, jarum jahit ukuran, benang PE, tang/gunting split ring. Jangan lupa kopi plus rokok bagi yang kecanduan…. hehehe.

Nah jika bahan-bahan di atas sudah siap, maka langsung saja kita praktekkan memasang bahan-bahan diatas menjadi Soft frog yang siap pakai.

Yang pertama sekali kita pasang atau rangkai adalah memasang kawat pengait ke swivel lalu split ring dan terakhir blade. Kita sebut saja rangkaian blade. Panjang kawat pengait cukup 2-3cm saja.

Masukkan Swivel ke dalam salah satu ujung mata double hook. Taruh Swivel di bagian depan hook.

Siapkan timah gulung secukupnya, atur dengan proporsional antara timah gulung dan kawat dan dikira-kira beratnya. Karena ditakutkan jika terlalu berat, Soft Frog bisa saja tenggelam dan gulungan terlalu tebal.

Taruh rangkaian blade diatas/dibawah double hook, kemudian lilitkan gulung timah gulung tadi dengan rapat. Jika punya lem korea atau merk alteco bisa diteteskan agar dudukan rangkaian blade dan gulungan timah tidak goyah. Karena sebagian pembuat SF kurang memperhatikan hal ini, seringkali terjadi rangkaian blade terlepas gara-gara mendapat sambaran gabus.

Selanjutnya potong selang bakar secukupnya untuk menutupi gulungan timah tadi. Masukkan didalam hook. Kemudian dibakar, maka selang bakar akan mengkerut. Maka selesai sudah kita pasangkan rangkaian blade dengan double hook.

panduan membuat soft frog emasang double hook

Berikutnya ambil beberapa SF kosongan dan Double hook yang sudah dirangkai tadi, silakan dicocok-cocokkan antara hook dengan body SF, Mengapa? karena bisa saja sudut hook dengan ukuran body SF berbeda-beda, apalagi jika hooknya yang tanpa merk. Berbeda dengan misalnya hook Kenzie sudut setiap hooknya sama persis. Jika sudah dirasa pas, maka hook dan body SF siap dipasangkan.

Ambil jarum jahit besar yang sudah dimasukkan benang PE, bagian ujung PE lainnya masukkan ke swivel pada bagian depan rangkaian hook tadi. Kalau saya nggak punya jarum ya kawat saja yang dipakai yang salah satu ujungnya dibengkokkan kedalam. Kemudian tusukkan jarum lewat lubang bagian bawah body SF ke arah depan, tarik hingga swivel bagian tengah keluar dari body SF. Dan Soft Frog pun sudah jadi dan siap pakai.

Untuk lubang pada bagian bawah body soft frog tergantung masing-masing pembuat, tapi kalau saya senang agak besar, agar udara bisa dengan mudah keluar masuk, tujuannya agar saat disambar, udara langsung keluar dan hook tertancap dimulut ikan.

Kalau sobat mau dijual lagi misalnya untuk ditaruh dipajang ditoko, tentu kita perlu bahan tambahan berupa kotak mika untuk lure dll. Demikian tadi cara memasang rangkaian blade, double hook, dan memasukkan hook ke body SF. Nanti akan kami buatkan tutorial videonya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *