lure

Karyawan Tambang ini Nyambi Jadi Lure Maker

Posted on in lure · Umpan Mancing

Apapun pekerjaan kita tentu yang namanya hobi tidak bisa dilepaskan begitu saja. Termasuk hobi memancing. Banyak dari pemancing tentu memiliki ragam profesi seperti guru,PNS,  karyawan swasta, dll. Termasuk Abang kita yang satu ini Muhammad Khanifuddin seorang karyawan perusahaan batubara PT BUMA yang memiliki bakat serta keahlian dalam bidang pembuatan lure atau umpan palsu buat Mancing.

Muhammad Khanifuddin

Berawal dari hobi memancing yang terhambat mahalnya harga alat pancing, Muhammad Khanifuddin memulai usaha produksi umpan pancing pada 2015. Foreman ‘site’ BUMA Adaro ini berinovasi menciptakan umpan menggunakan bahan dasar kayu bekas. Produksinya dilakukan secara ‘handmade’, sehingga tidak mudah ditiru. Dibutuhkan waktu satu minggu untuk membuat sebuah umpan pancing. Meski produksi ‘handmade’ membutuhkan waktu lebih lama, Khanif memiliki keleluasaan berkreasi dengan bentuk, warna, dan ukuran, sehingga umpan yang dibuatnya sangat mirip dengan ikan asli.

Muhammad Khanifuddin
Muhammad Khanifuddin

Umpan pancing buatannya sukses ia pasarkan secara mandiri melalui akun facebook-nya ‘Mocast’. Ia pernah mengunggah 80 produk umpan pancingnya dan semuanya ludes dalam waktu kurang dari 24 jam. Kayu bekas yang digunakan sebagai bahan dasar, ia dapatkan dari alas drum oli site Adaro yang sudah tidak terpakai. Pada lomba pemanfaatan limbah non-B3 yang diadakan ‘site’ BUMA pada awal tahun lalu, ia berhasil meraih juara pertama. Dengan daur ulang kayu bekas, Khanif berkontribusi pada Indonesia dan pelestarian lingkungan.

Bagaimana dengan Anda rekan Angler?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *